Sabtu, 02 Mei 2009

Belajar Memahami Khawarij dan Muktazilah

Belajar Memahami Khawarij dan Muktazilah

Khawarij :

Khawarij Masa Lalu, picik, dangkal dan tidaka mendalam memahami permasalahan yang dihadapinya, tidak jauh pandangannya dalam menilai hasil dan akibat dari perbuatan yang hendak dikerjakan. (tak berbobot analisa-ilmiahnya). Sedangkan Khawarij masa Kini sangat terampil membawakan hujjah-argumentasi yang tampak sangat ilmiah-akademis (pseudo ilmiah).

Khawarij Masa Lalu sangat tekun beribadah. Sedangkan Khawarij Masa Kini tak serius beribadah (ghafil, sahun fil ibadah).

Sebagian Khawarij Masa Lalu mengingkari sebagi suarat alQur:an (surat Yusuf). Khawarij masa Kini juga mengingkari sebagian ayat Qur:an. Antara lain ayat QS 3:19, 3:85, 2:221, 58:22, 60:10, dan lain-lain.

Khawarij Masa Lalu berani dan menganggap enteng terhadap kehidupan di dunia, demi untuk mempertahankan pendapat dan prinsip yang diaanustnya. Sedangkan Khawarij Masa Kini hanya aktif menyebarkan pendapatnya namun tak berani mati mempertahankan pendiriannya.

Khawarij Masa lalu bersifat anarkis, sedangkan Khawarij Masa Kini bersifat kompromis.

Muktazilah :

Muktazilah Masa lalu sangat berlebih-lebihan dalam menghormati akal (rasio). Muktazilah Masa Kini juga sangat berlebih-lebihan mengagung-agungkan akal (rasio).

Muktazilah Masa Lalu, dengan menggunakan filsafat membuat ajaran Islam menjadi kabur, menjadi tak jelas. Muktazilah Masa Kini juga dengan menggunakan filsafat (rasio) membuat ajaran Islam menjadi kabur, kacau. Yang sudah qath’i dibuat menjadi zhanni.

Muktazilah Masa lalu menggunakan filsafat untuk mempertahankan Islam. Muktazilah Masa Kini menggunakan filsafat untuk melemahkan Islam. Muslim yes Islam no.
Muktazilah masa Lalu memandang Qur:an sebagai makhluk. Muktazilah Masa Kini menjadikan Qur:an sebagai objek kritik (Hermeneutika).

Kelompok :

Baik masa lalu, maupun masa kini, Khawarij dan Muktazilah ada yang rajin beribadah juga rajin berjihad. Ada yang rajin beribadat tapi malas berjihad. Ada yang malas beribadat tapi rajin berjihad. Ada yang malas beribadat juga malas berjihad. Ada yang label Islam yes Ibadah no. Ada yang Ibadah yes Syari’at no.

(BKS0708051500)

.

Tidak ada komentar: